10 Universitas Top Indonesia di Internet

Rabu, 07 Juli 2010


VIVAnews - 4ICU (4 International Colleges and Universities), lembaga yang merilis sistem pemeringkatan popularitas perguruan tinggi di Internet, mengumumkan temuan terbarunya.
Sama halnya dengan Webometrics dan Jiatong, 4ICU juga memaparkan kiprah akademik perguruan tinggi di Internet untuk sekadar menjadi parameter bagi publik.

Sistem perankingan Web perguruan tinggi di dunia oleh Webometrics sudah cukup populer dan hasilnya selalu ditunggu-tunggu berbagai lembaga perguruan tinggi dan publik.

Namun, sementara pengumuman pemeringkatan World-Class Universities versi Webometrics baru akan diumumkan pada akhir Juli 2010, lembaga perangkingan lain yaitu 4ICU lebih dulu mempublikasikan pemeringkatan perguruan tinggi di dunia berbasarkan survey tingkat popularitasnya di dunia internet.

Lembaga 4ICU ini melakukan pemeringkatan terhadap 10 ribu peguruan tinggi di 200 negara. Peringkat popularitas tersebut diukur berdasarkan tiga parameter, yakni Google PageRank, inbound link Yahoo, dan web traffic berdasarkan Alexa.

"Ranking ini menggambarkan popularitas sebuah situs perguruan tinggi di dunia Internet, yang mana popularitas itu sangat ditentukan oleh tingkat kekayaan produk akademik dan kontribusinya dari perguruan tinggi terkait tersebut," papar 4ICU dalam keterangan resminya, Selasa 6 Juli 2010.

Saat ini, 4ICU berhasil menemukan sekitar 148 perguruan tinggi asal Indonesia yang berhasil masuk pemeringkatan tersebut, di mana sepuluh besar di antaranya adalah sebagai berikut:
1. Institut Teknologi Bandung (ITB)
2. Universitas Indonesia (UI)
3. Universitas Gadjah Mada (UGM)
4. Institut Teknologi Sepuluh November (ITS)
5. Universitas Gunadarma (Gundar)
6. Universitas Bina Nusantara (Binus)
7. Universitas Kristen Petra
8. Universitas Sebelas Maret
9. Universitas Sumatera Utara (USU)
10. Universitas Negeri Malang (UM).

Posisi empat besar masih dikuasai perguruan tinggi negeri (PTN), yakni, secara berurutan dari posisi pertama, ITB, UI, UGM, dan ITS. Seperti edisi sebelumnya, hanya tiga PTS yang mampu mengimbangi dominasi PTN pada pemeringkatan tersebut, yaitu Universitas Gunadarma, Universitas Bina Nusantara, dan Universitas Kristen Petra. (hs)

0 komentar:

Poskan Komentar