Mengurus Visa Sekolah di AS

Rabu, 07 Juli 2010
Pemerintah AS mengeluarkan visa yang berbeda-beda untuk penduduk sementara, termasuk mahasiswa. Sebagai mahasiswa purna waktu, kita akan memperoleh visa F-1 atau M-1. Suami/istri dan anak-anak kita akan mendapat visa F-2 atau M-2. Sedangkan sebagai "Exchange Visitor" kita akan mendapat visa J-1. Exchange Visitor adalah mereka yang datang ke AS untuk konsultasi, pelatihan khusus, penelitian, atau mengajar.
Sesudah kita dinyatakan diterima sebagai mahasiswa oleh salah satu college, universitas, atau lembaga pendidikan bahasa Inggris di AS, mereka akan mengirim dokumen yang disebut formulir I-20 untuk pengurusan visa F-1. Jika kita menjadi Exchange Visitor, organisasi atau pemerintah AS yang mensponsori kita akan mengirim formulir IAP-66 untuk mendapatkan visa J-1.
Visa jenis M adalah visa yang diperuntukkan bagi mahasiswa Technical School. Jika kita datang ke AS dengan visa M dan kemudian memutuskan untuk masuk ke college, universitas, atau sekolah bahasa Inggris, kita tidak akan dapat mengubah visa M tersebut menjadi visa F. Akan tetapi, kita bisa datang ke AS menggunakan visa F dan kemudian mengubah visa ini menjadi visa M jika kita pindah ke suatu Technical School.
Apabila kita bermaksud mengikuti pendidikan bahasa Inggris sebelum masuk ke college atau universitas, pemerintah kita dan Kedutaan atau Konsulat AS mungkin mengharuskan kita memiliki "surat penerimaan bersyarat" dari college atau universitas yang akan kita masuki sesudah selesainya pendidikan bahasa Inggris tersebut. Surat penerimaan bersyarat tadi harus menyebutkan bahwa kita akan diterima jika dapat menyelesaikan pendidikan bahasa Inggris dengan baik. Kita juga memerlukan formulir I-20 dari sekolah bahasa Ingris tersebut.

Di mana Memperoleh Visa?

Setelah menerima formulir I-20 atau IAP-66, kita bawa formulir dan paspor kita ke Kedutaan atau Konsulat AS bagian pengurusan visa non-immigrant. Kita juga harus dapat menunjukkan bahwa kita mempunyai dukungan keuangan untuk jangka waktu selama kita belajar di AS. Mintalah formulir "Affidavit of Support" dari sana. Lengkapi formulir tersebut dengan informasi tentang sumber pembiayaan kita, dan serahkan formulir ini bersama dengan dokumen-dokumen lainnya.
Barangkali kita juga akan diminta untuk menyerahkan surat yang menyatakan bahwa kita sehat. Tanyakan ke Kedutaan atau Konsulat AS apakah hal ini disyaratkan di negara kita.
US Immigration and Naturalization Service (INS) mengharapkan kita masuk ke sekolah yang kita sebutkan di formulir I-20. Apabila kita memutuskan untuk masuk ke sekolah yang lain, kita memerlukan formulir I-20 yang baru dari sekolah tersebut, dan kita harus menemui petugas visa AS sebelum meninggalkan negara kita. Sesudah kita sampai di AS, kita bisa pindah ke sekolah lain dengan ijin dari INS. Kita juga membutuhkan formulir I-20 yang baru untuk pindah sekolah.

Setelah Menyelesaikan Pendidikan

Jika kita memiliki visa F atau M, setelah menyelesaikan pendidikan kita harus meninggalkan AS, mengajukan ijin untuk praktek kerja, atau mengurus visa jenis lain.
Apabila kita mempunyai visa F, sesudah lulus kita dapat mengajukan ijin tinggal di AS selama maksimal satu tahun untuk praktek kerja di bidang yang terkait langsung dengan bidang studi kita, dengan syarat kita sudah menjadi mahasiswa pemegang visa F-1 selama sembilan bulan.
Mahasiswa program ESL (English as a Second Language) tidak diberi ijin untuk praktek kerja, walaupun waktu yang digunakan untuk mengikuti pendidikan bahasa Inggris dengan visa F-1 dapat diperhitungkan dalam persyaratan sembilan bulan tadi jika mahasiswa yang bersangkutan pindah kuliah ke college atau universitas lain.
INS mungkin dapat memberi ijin tinggal kepada mahasiswa dengan visa M-1 selama maksimal satu bulan, atau praktek kerja untuk setiap empat bulan waktu studinya, asalkan tidak lebih dari enam bulan. Sekolah kita akan memberi rekomendasi untuk praktek kerja tersebut jika hal ini tidak mungkin bisa kita lakukan di negara kita.
Jika kita seorang Exchange Visitor dan harus di-training untuk menyelesaikan program kita, dengan syarat training semacam itu tidak ada di negara kita, kita dapat diberi ijin tinggal di AS untuk mengikuti training tersebut untuk waktu paling lama 18 bulan sesudah kita menyelesaikan pendidikan.
Apabila kita mengikuti Exchange Visitor Program yang dibiayai pemerintah AS atau pemerintah kita, atau keahlian yang kita dapatkan sangat dibutuhkan di negara kita, misalnya pendidikan atau pelatihan medis tingkat graduate, kita diwajibkan pulang ke negara kita selama paling tidak dua tahun sesudah kita menyelesaikan program Exchange Visitor tersebut.
Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang pengurusan visa, lihat home page United States Department of State, Visa Services.

0 komentar:

Poskan Komentar