Tes Penerimaan

Rabu, 07 Juli 2010

Hampir semua mahasiswa asing diharuskan mengikuti tes TOEFL (Test of English as a Foreign Language). Banyak college dan universitas juga mensyaratkan mahasiswa undergraduate asing menempuh tes SAT. Sebagian besar mahasiswa graduate harus mengikuti tes GRE (Graduate Record Examination), dan sebagian lagi harus mengikuti tes MAT (Miller Analogies Test). GMAT (Graduate Management Admission Test) harus ditempuh oleh mahasiswa yang mendaftar ke program MBA atau program bisnis tingkat graduate yang lain.
Tes-tes ini diadakan di seluruh dunia pada jadwal-jadwal yang sudah ditentukan. Biaya pendaftaran tes dan waktu penyelenggaraannya di negara kita kadang-kadang bisa berubah. Selain itu, beberapa penyelenggara juga tidak mengadakan tes-tes ini untuk semua jadwal yang ada. Kita harus memastikan bahwa kita sudah terdaftar pada jadwal-jadwal tersebut.

1. Test of English as a Foreign Language (TOEFL).

Tes ini makan waktu sekitar tiga jam dan diselenggarakan dalam tiga sesi, yaitu listening comprehension, language structure and written expression, dan reading comprehension. Nilainya berkisar antara 200 sampai 677. Sebagian besar sekolah di AS hanya mempertimbangkan mahasiswa yang memiliki nilai antara 450 dan 550 atau lebih. Beberapa sekolah dapat menerima mahasiswa dengan nilai lebih rendah, tetapi mahasiswa yang bersangkutan harus mengikuti pendidikan bahasa Inggris intensif sebelum dapat mengikuti perkuliahan. Ini dikenal dengan istilah "conditional admission."
Pada tahun 1998 ini mulai diperkenalkan penggunaan komputer untuk melakukan pengujian (computer-based testing/CBT) di Amerika Utara dan Selatan, Timur Tengah, Afrika, dan wilayah-wilayah lain di dunia.
Pengujian TOEFL menggunakan komputer ini menurut rencana dilaksanakan di semua negara pada tahun 2000 nanti. Di negara-negara yang belum melaksanakan CBT, TOEFL masih diadakan secara manual.
Informasi lebih lengkap tentang TOEFL termasuk pendaftaran, lokasi penyelenggara, biaya, dan publikasi yang memuat bahan-bahan persiapan tes dapat dilihat di web site TOEFL atau di TOEFL Bulletin of Information tahun 1997-1998.
Dari seluruh jadwal yang ada, lima di antaranya digunakan juga untuk penyelenggaraan tes TWE (Test of Written English). Selama 30 menit peserta akan diminta untuk menulis karangan singkat yang menggambarkan kemampuan mereka untuk mengorganisasikan gagasan, mendukung gagasan tersebut dengan contoh-contoh atau bukti-bukti, dan menuliskannya dalam bahasa Inggris standar. Nilai TWE ini tidak mempengaruhi nilai akhir TOEFL.
Empat paket pelajaran telah dirancang untuk membantu persiapan kita menempuh tes TOEFL, yaitu: TOEFL Test Preparation Kit, TOEFL Practice Test Volume I and II, dan TOEFL Sample Test (6th edition). Setiap paket berisi penjelasan dan latihan untuk ketiga sesi tes TOEFL, termasuk untuk Test of Written English. Jika kita memesannya pada saat mendaftar TOEFL, kita harus membayar Test Preparation Kit seharga US $14, TOEFL Practice Test Volume I US $11 dan US $17 untuk Volume II. TOEFL Sample Test harganya US $8. Kita membayarnya bersamaan dengan biaya tes.
Kalau kita tidak terdaftar sebagai peserta TOEFL, kita dapat memesan lewat pos ke TOEFL, P.O. Box 6161, Princeton, NJ 08541-6161, U.S.A. Harga paket ini lebih mahal untuk mereka yang tidak mengambil TOEFL. Test Preparation Kit US $20, TOEFL Practice Test Volume I US $15, Volume II US $23, dan TOEFL Sample Test US $10.
Tidak semua penyelenggara mengadakan tes untuk jadwal-jadwal yang sudah ditentukan. Jika jadwal yang ada tidak sesuai dengan yang kita rencanakan, tanyakan ke tempat kita mendaftar, kapan tes tersebut dapat kita ikuti di tempat yang kita pilih.
Biaya tes dapat berubah-ubah di negara-negara yang menerima pembayaran dengan mata uang lokal. Kita dapat meminta > yang memuat biaya tes terbaru ke penyelenggara.
Lihat TOEFL Online untuk informasi lebih lanjut tentang pendaftaran, jadwal penyelenggaraan, dan biayanya.
Test of Spoken English Program (TSE)
Ini adalah tes lisan yang berlangsung selama kurang lebih 20 menit. Beberapa sekolah graduate mensyaratkan tes ini bagi mereka yang ingin menjadi asisten. Biaya tes: US $100.
Waktu penyelenggaraan dan batas akhir pendaftaran: sama dengan TOEFL.

2. The SAT Program of the College Entrance.

SAT I: Tes Penalaran: Tes berbentuk pilihan ganda selama tiga jam yang menguji kemampuan verbal, kemampuan matematis dan penalaran.
SAT II: Subject Tests: Tes ini masing-masing berlangsung selama satu jam untuk materi-materi seperti bahasa Perancis atau kimia. Dilaksanakan di pusat pengujian yang sama dengan SAT I, dengan jadwal yang sama pula (tidak semua hari). Kita tidak boleh mengikuti tes SAT I dan II pada hari yang sama.
Kita bisa mendapatkan buletin dan formulir pendaftaran untuk kedua tes ini di pusat konsultasi pendidikan di negara kita atau menyurati langsung ke SAT Program of the College Entrance Examination Board, P.O. Box 6200, Princeton, New Jersey 08541-6200, U.S.A. Mereka menyediakan juga booklet berisi contoh-contoh soal ujian.

3. Tes Graduate Record Examinations (GRE).

GRE General Test menguji kemampuan verbal, kuantitatif, dan analitis. Kita mungkin perlu mempelajari kembali aljabar dan geometri dasar untuk menghadapi tes kuantitatif GRE ini. Untuk mendapatkan informasi selengkapnya tentang persiapan tes GRE, kita bisa menghubungi pusat konsultasi pendidikan di negara kita atau ke P.O. Box 6000, Princeton, New Jersey 08541-6000, U.S.A.
Subject Tests meliputi 16 materi dan dimaksudkan untuk mengukur pengetahuan kita di bidang-bidang tersebut. Ada biaya tambahan jika kita mengikuti tes ini di luar AS, Puerto Rico dan wilayah-wilayah teritorial AS. Informasi selengkapnya tentang biaya tes dan biaya-biaya tambahan lainnya bisa kita dapatkan di dalam GRE Information Bulletin.
Kita bisa membeli buku yang membahas persiapan menghadapi tes GRE ini. Buku-buku tersebut adalah Practicing to Take the GRE General Test-No.9 dan Practicing to Take the GRE Subject Test yang meliputi bidang-bidang biology, chemistry, computer science, economics, education, engineering, geology, history, literature in English, mathematics, music, physics, political science, psychology dan sociology.
Penjelasan tentang cara memesan buku-buku ini juga ada di GRE Information Bulletin.

4. Graduate Management Admission Test (GMAT).

Tes ini terdiri dari tiga sesi, yaitu penulisan verbal, kuantitatif, dan analitis. Biasanya disyaratkan bagi peserta program graduate bidang bisnis, akuntansi, dan perdagangan.
Dapatkan GMAT Bulletin of Information dari Educational Testing Service, P.O. Box 6101, Princeton, New Jersey 08541-6101, U.S.A. atau di pusat konsultasi pendidikan di negara kita.
Sejak bulan Oktober 1997, Graduate Management Admission Council (GMAC) mulai memperkenalkan computer-adaptive GMAT yang menggantikan tes secara manual di Amerika Utara, Eropa, Asia, dan Amerika Latin. Penyelenggaraan tes secara manual masih diadakan dua kali setahun, sampai dua tahun mendatang, di tempat-tempat lain sampai selesainya jaringan komputer yang menghubungkan tempat-tempat tersebut. Daftar penyelenggara tes GMAT dan informasi pendaftaran selengkapnya ada di dalam GMAT Bulletin.
Official Guide for GMAT Review, 9&supth edition, merupakan satu-satunya buku panduan berisi pertanyaan dan penjelasan yang diterbitkan oleh para ahli yang mengembangkan tes GMAT tersebut. Edisi terbaru ini mengulas tentang computer-adaptive GMAT, termasuk tip dan strategi mengerjakan tes, topik-topik karangan dan contoh-contoh respons, serta informasi tentang penilaian. Panduan ini juga berisi bahasan tentang matematika yang komprehensif.
Official Guide for GMAT Review dapat dipesan langsung dari:
CITO-GMAT
P.O. Box 1203
6801 BE Arnhem
Netherlands
POWERPREP Software - Persiapan tes untuk Computer-Adaptive GMAT berisi dua computer-adaptive tests yang bisa dijalankan di komputer kita sendiri.
Software ini berisi lebih dari 800 soal GMAT disertai jawaban dan penjelasan, dan dapat menghasilkan laporan perbandingan nilai yang kita peroleh dengan nilai yang didapat peserta tes lain untuk suatu bidang studi di sekolah-sekolah tertentu. POWERPREP Software hanya bisa dipesan melalui Educational Testing Service. Cara pemesanan dapat kita lihat di GMAT Bulletin atau web site GMAT.

5. Miller Analogies Test (MAT).

Miller Analogies Test adalah tes kemampuan mental tingkat tinggi untuk menyelesaikan 100 permasalahan dalam bentuk analogi. Hasil tes MAT diakui oleh lebih dari 2.300 penyelenggara program graduate untuk proses penerimaan mereka. Tes ini menggunakan bermacam-macam analogi untuk menguji berbagai bidang, seperti matematika, sains, pengetahuan sosial, literatur, dan seni. Peserta diberi waktu 50 menit untuk menyelesaikan tes ini.
Tes MAT diadakan di lebih dari 600 pusat pengujian di seluruh AS dan Kanada. Untuk memudahkan kita, di sebagian besar pusat pengujian, tes ini tidak dijadwalkan tetapi diselenggarakan sesuai dengan kebutuhan. Besarnya biaya juga ditentukan oleh masing-masing penyelenggara. Untuk penyelenggaraan tes secara khusus, dapat dibentuk Special Test Center dengan menghubungi The Psychological Corporation, 555 Academic Court, San Antonio, Texas 78204-3956, U.S.A. Telephone (210) 921-8804, Fax (210) 921-8861.
Informasi tambahan tentang MAT, termasuk MAT Candidate Information Booklet, bahan persiapan, dan booklet List of Controlled Testing Centers dapat diperoleh dengan menyurati alamat di atas.

1 komentar:

  • Path

    Global Education Counsel (GEC) is a division of Growth Centre [I] Private Ltd. Which offers coaching and counseling services for education abroad as well as various MBA entrance exams. The upsurge in the educational opportunities for Indian students abroad has made the aspirants realize their dreams. Global opportunity and right counsel are the two pillars on which the concept of Global Education Counsel is founded. In pursuit of making this a reality for a larger number of students, the services offered by Global Education Counsel aim to help the student make a right choice regarding the career.
    Contact:- 022 2528 5657/3251 6857
    Global Education Counsel

  • Poskan Komentar