Melakukan Pendaftaran

Rabu, 07 Juli 2010
Sesudah menentukan beberapa college atau universitas pilihan kita, kita dapat mulai melakukan proses pendaftaran. Setiap college atau universitas di AS mempunyai aturan sendiri-sendiri dalam proses penerimaan mahasiswanya dan mereka sendiri yang memutuskan mahasiswa yang akan mereka terima. Kita harus melakukan pendaftaran ke masing-masing college atau universitas yang kita inginkan.
Walaupun kita sudah menentukan satu pilihan pasti, kita tetap harus mendaftar ke sekolah-sekolah yang lain. Kita bersaing dengan mahasiswa-mahasiswa dari seluruh dunia memperebutkan tempat yang terbatas di sekolah tersebut. Mungkin saja kita tidak diterima di sekolah pilihan utama kita. Lebih bijaksana kalau kita mendaftar ke beberapa sekolah, satu di antaranya adalah sekolah yang kita yakini dapat menerima kita.
Sebagian besar sekolah di AS mensyaratkan mahasiswa asing untuk menghubungi mereka paling tidak satu tahun sebelum kita merencanakan masuk ke sana. Ikuti langkah-langkah berikut untuk melakukan pendaftaran ke college dan universitas di AS:

Mengirim surat ke beberapa sekolah

Setelah menentukan pilihan kita, kita harus mengirim surat ke universitas tersebut untuk minta informasi dan formulir pendaftaran.
Untuk mendaftar ke sekolah graduate, kita mengirim surat ke Admissions Office (Bagian Pendaftaran) sekolah tersebut atau ketua departemen bidang studi yang kita inginkan, misalnya departemen Fisika atau Sejarah. Kita harus memiliki prestasi akademik yang baik jika bermaksud melanjutkan ke sekolah graduate.

Mengirim formulir pendaftaran

Bagian Pendaftaran atau departemen postgraduate akan mengirimkan informasi tentang program-program yang ada di sekolah tersebut, mungkin juga termasuk formulir pendaftaran. (Mungkin kita dapat memperoleh formulir pendaftaran ini di Pusat Konsultasi Pendidikan di negara kita.) Formulir pendaftaran ini umumnya harus dilengkapi persyaratan berikut:
  • Transkrip yang dilegalisir. College dan universitas di AS biasanya memutuskan penerimaan mahasiswa berdasarkan prestasi akademik kita sebelumnya. Mereka akan mengkaji nilai kita selama empat tahun di sekolah menengah dan hasil ujian nasional (Ebtanas) di negara kita. Jika kita mendaftar ke sekolah graduate, nilai kita di universitas yang akan mereka pertimbangkan. Kita bisa meminta sekolah kita untuk mengirim transkip yang dilegalisir ke college atau universitas yang ingin kita masuki.
  • Aktivitas. Sebutkan organisasi, penghargaan, kegiatan di organisasi olah raga atau kepemimpinan, dan lain-lain yang pernah kita ikuti/dapatkan.
  • Data pribadi. Nama, umur, alamat, latar belakang keluarga, tempat lahir, kewarganegaraan, dan sebagainya.
  • Rencana studi. Penjelasan singkat tentang alasan kita memilih sekolah tersebut, bidang studi yang kita inginkan, karir yang kita harapkan dan rencana penelitian kita.
  • Surat rekomendasi. Formulir pendaftaran yang kita terima barangkali berisi beberapa lembar kosong yang harus diisi oleh guru-guru kita. Formulir rekomendasi ini mungkin berisi beberapa pertanyaan tertentu. Kita dapat meminta beberapa guru untuk mengisinya dan kemudian mengirimnya langsung ke Bagian Pendaftaran di AS. Jika formulir pendaftaran ini tidak disertai formulir rekomendasi, minta kepada beberapa guru untuk menulis surat rekomendasi ke college atau universitas yang kita tuju, berisi rekomendasi tentang pendaftaran yang akan kita lakukan.
  • Tes-tes penerimaan. Sebagian besar sekolah meminta hasil tes standar yang harus kita ikuti (TOEFL dan sebagainya).
  • Biaya pendaftaran. Kita harus membayar biaya pendaftaran, kemungkinan berkisar antara US $30 sampai $50, ke sekolah yang kita tuju. Uang ini merupakan uang administrasi pendaftaran, dan tidak akan dikembalikan jika kita tidak diterima. Pastikan untuk mengirimkan syarat-syarat pendaftaran tersebut jauh-jauh hari sebelum batas akhir yang ditetapkan.

Mendaftarkan diri untuk tes penerimaan

Calon mahasiswa yang ingin masuk ke college dan universitas di AS harus menempuh ujian yang mengukur kemampuan dan aptitude mereka. Mahasiswa asing juga diharuskan mengikuti tes kemampuan bahasa Inggris. Tes-tes ini diadakan di pusat-pusat pengujian di seluruh dunia dan bersifat standar. Jadi setiap orang mengerjakan tes yang sama di manapun juga. Hasil tes ini mencerminkan kemampuan kita berdasarkan standar internasional yang sama.

Mengikuti tes

Kita bisa meminta hasil tes tersebut dikirimkan langsung ke college dan universitas yang kita tuju. Kita akan diminta menyebutkan nama sekolah-sekolah tersebut pada waktu mendaftarkan diri untuk mengikuti tes tertentu, misalnya tes SAT. Atau, kita menuliskannya di kertas jawaban pada saat mengikuti tes-tes lain, misalnya TOEFL. Penyelenggara tes ini akan mengirimkan hasil tersebut ke sekolah-sekolah yang kita sebutkan. Dapat juga, dengan biaya tertentu, kita minta penyelenggara tes untuk mengirimkannya ke sekolah-sekolah lain.

Surat Konfirmasi

The Admissions Office (Bagian Pendaftaran) kemungkinan akan mengirim surat yang mengkonfirmasikan bahwa surat pendaftaran kita sudah diterima. Biasanya disebutkan bahwa mereka sudah menerima formulir pendaftaran beserta persyaratannya. Atau mereka mengatakan bahwa ada beberapa kekurangan yang harus dilengkapi. Surat ini bukan surat penerimaan mahasiswa. Tidak berarti bahwa kita diterima di college atau universitas tersebut.
Sesudah batas waktu pendaftaran habis, kita akan menerima surat pemberitahuan penerimaan mahasiswa dari sekolah-sekolah yang kita tuju. Beberapa sekolah mengirim surat jawaban ini segera sesudah mereka menerima pendaftaran kita. Ini disebut "rolling admission." Sekolah-sekolah lain menunggu beberapa bulan, biasanya sampai bulan April, sebelum mengirim surat jawaban ini.
Tulislah surat ke sekolah-sekolah yang menerima kita dan beritahu Bagian Pendaftaran apakah kita jadi masuk ke sekolah tersebut.

Membayar Uang Muka

Sebagian besar sekolah mengharuskan mahasiswanya membayar uang muka sebelum batas waktu tertentu apabila mereka ingin memesan tempat di sekolah tersebut. Bagi mahasiswa asing, uang muka ini bisa berarti uang kuliah selama satu semester atau satu tahun.
Kita harus segera mengirim uang muka ini jika kita minta beasiswa atau merencanakan tinggal di asrama mahasiswa. Kebanyakan sekolah tidak memiliki asrama yang cukup besar untuk menampung semua mahasiswanya, sehingga peluang kita akan lebih besar jika kita mengirim formulir pendaftaran asrama dan uang mukanya secepat mungkin.
Sekolah yang menerima kita juga akan meminta surat pernyataan yang menyebutkan jumlah uang yang dapat kita gunakan selama kita menempuh pendidikan di sana. Biasanya surat pernyataan ini harus diverifikasi oleh bank. Apabila kita berangkat dengan biaya pemerintah atau perusahaan, kita harus mengirimkan dokumen-dokumen yang menjelaskan hal ini.
Kemudian pihak sekolah akan mengirim formulir I-20 atau Exchange Visitor's IAP-66. Formulir ini menyatakan bahwa kita benar-benar telah diterima di salah satu sekolah di AS. Dengan menggunakan formulir ini, kita dapat meminta visa untuk tinggal di Amerika Serikat.

0 komentar:

Poskan Komentar