Contoh RPP yang menggunakan tahapan Eksplorasi, Elaborasi dan Konfirmasi
| SMK NEGERI 6 SEMARANG | F-KUR.14 |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) |
Kompetensi Keahlian : ………………………………………………
Mata Pelajaran : ………………………………………………
Kelas/Semester : ……………………………………………..
Pertemuan ke : ……………………………………………..
Alokasi Waktu : …….. jam @ 45 menit ( …. jam/ pertemuan)
Standar Kompetensi : …………………………………………………………………………………… …………………….
……………………………………………………………………………………. ……………………
Kompetensi Dasar : ……………………………………………………………………………………. ……………………
: …………………………………………………………………………………… ……………………..
Indikator : 1.1…………………………………………………………………………………………………….. ………………
: 1.2………………………………………………………………………………………………………………………
: 1.3………………………………………………………………………………………………………………………
I. Tujuan Pembelajaran
Pertemuan 1 :
- ……………………………………………………………………………………………………………………………………
- ……………………………………………………………………………………………………………………………………
- ……………………………………………………………………………………………………………………………………
- …………………………………………………………………………………………………………………………………….
- ……………………………………………………………………………………………………………………………………..
- ……………………………………………………………………………………………………………………………………..
II. Materi Ajar
Pertemuan 1 :
- ……………………………………………………………………………………………………………………………………
- ……………………………………………………………………………………………………………………………………
- ……………………………………………………………………………………………………………………………………
- ……………………………………………………………………………………………………………………………………….
- …………………………………………………………………………………………………………………………………….
- …………………………………………………………………………………………………………………………………….
III. Metode Pembelajaran
- ……………………………….
- ……………………………….
- ……………………………….
Pertemuan 1
- Kegiatan Awal
2…………………………………………………………………………………………………………………………………….
3…………………………………………………………………………………………………………………………………….
- Kegiatan Inti
2…………………………………………………………………………………………………………………………………….
3…………………………………………………………………………………………………………………………………….
- Kegiatan Akhir
2…………………………………………………………………………………………………………………………………….
3……………………………………………………………………………………………………………………………………
Pertemuan 2
- Kegiatan Awal
2…………………………………………………………………………………………………………………………………….
3…………………………………………………………………………………………………………………………………….
- Kegiatan Inti
2…………………………………………………………………………………………………………………………………….
3…………………………………………………………………………………………………………………………………….
- Kegiatan Akhir
2…………………………………………………………………………………………………………………………………….
3…………………………………………………………………………………………………………………………………….
Dst.
V. Alat, Bahan dan Sumber Belajar
- ……………………………………..
- ……………………………………..
- ……………………………………..
VI. Penilaian.
Mengetahui Guru Mata Pelajaran
Kepala SMK Negeri 6 Semarang
Drs. H. Ahmad Ishom, MPd. …………………………..
NIP. 19621219 199303 1 007 NIP
Kelas/Semester : XII / 5.
Alokasi waktu : 4 x 45 menit.
Standar Kompetensi : Menerapkan aturan konsep statistika dalam pemecahan masalah.
Kompetensi Dasar : Menyajikan data dalam bentuk tabel dan diagram.
Indikator :
- Data disajikan dalam bentuk tabel.
- Data disajikan dalam bentuk diagram.
- Tujuan Pembelajaran
- Membaca dan membuat data dalam bentuk diagram dan tabel serta kegunaanya.
- Membaca dan membuat histogram beserta kegunaanya.
- Membuat poligon frekuensi dan kurva ogive beserta kegunaanya.
- Materi Ajar
- Tabel dan diagram
- Metode Pembelajaran
- Pemberian tugas.
- Tanya jawab.
- Diskusi
- Langkah-langkah Pembelajaran
- Salam, memeriksa kesiapan siswa
- ………………
Motivasi : Apabila materi ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat membaca dan membuat sajian data dalam bentuk tabel dan bentuk diagram.
- Kegiatan Inti
- Eksplorasi
1. Memberikan stimulus berupa pemberian materi oleh guru mengenai cara membaca dan membuat data dalam bentuk tabel (daftar), cara membaca dan membuat data dalam bentuk diagram.
2 Mendiskusikan materi bersama siswa (Buku : Bahan Ajar Matematika Pariwisata mengenai cara membaca dan membuat data dalam bentuk tabel (daftar), cara membaca dan membuat data dalam bentuk diagram.
3 Memberikan kesempatan pada peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan mengenai cara membaca dan membuat data dalam bentuk tabel (daftar), cara membaca dan membuat data dalam bentuk diagram berhubungan dengan penyelesaian suatu soal.
4. Melibatkan peserta didik dalam membahas contoh dalam Buku : Bahan Ajar Matematika Pariwisata mengenai cara membaca dan membuat data dalam bentuk tabel (daftar), cara membaca dan membuat data dalam bentuk diagram..
…………………..
- Elaborasi
1. Membiasakan peserta didik membaca dan membuat data dalam bentuk tabel atau diagram.
2 Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas mengerjakan latihan soal yang ada pada buku ajar matematika pariwisata untuk dikerjakan secara individual.
c. Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi guru:
- Memberikan umpan balik pada peserta didik dengan memberi penguatan dalam bentuk lisan pada peserta didik yang telah dapat menyelesaikan tugasnya.
- Memberi konfirmasi pada hasil pekerjaan yang sudah dikerjakan oleh peserta didik melalui sumber buku lain.
- Memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang sudah dilakukan
- Memberikan motivasi kepada peserta didi yang kurang dan belum bisa mengikuti dalam materi mengenai cara membaca dan membuat data dalam bentuk tabel (daftar), cara membaca dan membuat data dalam bentuk diagram..
- Kegiatan Akhir
- Peserta didik membuat rangkuman dari materi mengenai mengenai cara membaca dan membuat data dalam bentuk tabel (daftar), cara membaca dan membuat data dalam bentuk diagram.
- Peserta didik dan guru melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
- Peserta didik diberikan pekerjaan rumah (PR) berkaitan dengan materi mengenai cara membaca dan membuat data dalam bentuk tabel (daftar), cara membaca dan membuat data dalam bentuk diagram dari soal-soal latihan yang belum terselesaikan di kelas .
- Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
- Alat / Bahan / Sumber Belajar
- Buku : Bahan Ajar Matematika Pariwisata 3 tentang Statistik.
- Sumber lain yang relevan.
- PENILAIAN
Bentuk Instrumen : Tertulis uraian singkat dan pilihan ganda, Lesan.
Contoh Instrumen :
1. Dari 210 siswa baru SMK “XX” tercatat 60 siswa memilih Program keahlian A, 70 siswa memilih Program keahlian B dan 45 siswa memilih Program keahlian C serta sisanya memilih Program keahlian D. Jika dibuat diagram lingkaran, maka juring untuk program keahlian D mempunyai sudut pusat ….
- 35o
- 60o
- 70o
- 120o
- 210o
Nilai | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 | 9 |
Frekuensi | 2 | 4 | 7 | 7 | 3 | 2 |
- 2 orang
- 5 orang
- 12 orang
- 13 orang
- 19 orang
Dengan membaca kurva di atas , pernyataan berikut yang benar adalah ….
- 10 siswa tinggi badannya kurang dari 149,5 cm
- 10 siswa tinggi badannya sama dengan 149,5 cm
- 10 siswa tinggi badannya lebih dari 149,5 cm
- 14 siswa siswa tinggi badannya kurang dari 149,5 cm
- 14 siswa tinggi badannya lebih dari 149,5 cm
4.Dengan memperhatikan tabel di samping rata-ratanya adalah ….
|
|
|
Kunci Jawaban :
- b
- c
- a
- a
- d
Nomor 1 benar nilai 20
Nomor 2 benar nilai 20
Nomor 3 benar nilai 20
Nomor 4 benar nilai 20
Nomor 5 benar nilai 20 +
Jumlah Nilai = 100
Mengetahui
Kepala SMKN 6 Semarang Guru Mata Pelajaran
Drs. H. Ahmad Ishom, M.Pd. Nika Dewi Indriati,S.Pd
NIP 19621219 199303 1 007 NIP. 19760125 200212 2 003
Sumber : http://aguswuryanto.wordpress.com
0 komentar:
Posting Komentar