Contoh RPP yang menggunakan tahapan Eksplorasi, Elaborasi dan Konfirmasi

Selasa, 16 November 2010

SMK NEGERI 6 SEMARANG F-KUR.14
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Kompetensi Keahlian       : ………………………………………………
Mata Pelajaran                : ………………………………………………
Kelas/Semester               : ……………………………………………..
Pertemuan ke                 : ……………………………………………..
Alokasi Waktu                : …….. jam @ 45 menit ( …. jam/ pertemuan)
Standar Kompetensi        : …………………………………………………………………………………… …………………….
……………………………………………………………………………………. ……………………
Kompetensi Dasar          : ……………………………………………………………………………………. ……………………
: …………………………………………………………………………………… ……………………..
Indikator                               : 1.1…………………………………………………………………………………………………….. ………………
: 1.2………………………………………………………………………………………………………………………
: 1.3………………………………………………………………………………………………………………………
I.  Tujuan Pembelajaran
Pertemuan 1 :
  1. ……………………………………………………………………………………………………………………………………
  2. ……………………………………………………………………………………………………………………………………
  3. ……………………………………………………………………………………………………………………………………
Pertemuan 2 :
  1. …………………………………………………………………………………………………………………………………….
  2. ……………………………………………………………………………………………………………………………………..
  3. ……………………………………………………………………………………………………………………………………..
Dst.
II. Materi Ajar
Pertemuan 1 :
  1. ……………………………………………………………………………………………………………………………………
  2. ……………………………………………………………………………………………………………………………………
  3. ……………………………………………………………………………………………………………………………………
Pertemuan 2 :
  1. ……………………………………………………………………………………………………………………………………….
  2. …………………………………………………………………………………………………………………………………….
  3. …………………………………………………………………………………………………………………………………….
Dst.
III. Metode Pembelajaran
  1. ……………………………….
  2. ……………………………….
  3. ……………………………….
IV. Kegiatan  Pembelajaran
Pertemuan 1
  1. Kegiatan Awal
1…………………………………………………………………………………………………………………………………….
2…………………………………………………………………………………………………………………………………….
3…………………………………………………………………………………………………………………………………….
  1. Kegiatan Inti
1…………………………………………………………………………………………………………………………………….
2…………………………………………………………………………………………………………………………………….
3…………………………………………………………………………………………………………………………………….
  1. Kegiatan Akhir
1…………………………………………………………………………………………………………………………………….
2…………………………………………………………………………………………………………………………………….
3……………………………………………………………………………………………………………………………………
Pertemuan 2
  1. Kegiatan Awal
1…………………………………………………………………………………………………………………………………….
2…………………………………………………………………………………………………………………………………….
3…………………………………………………………………………………………………………………………………….
  1. Kegiatan Inti
1…………………………………………………………………………………………………………………………………….
2…………………………………………………………………………………………………………………………………….
3…………………………………………………………………………………………………………………………………….
  1. Kegiatan Akhir
1…………………………………………………………………………………………………………………………………….
2…………………………………………………………………………………………………………………………………….
3…………………………………………………………………………………………………………………………………….
Dst.
V. Alat, Bahan dan Sumber Belajar
  1. ……………………………………..
  2. ……………………………………..
  3. ……………………………………..

VI. Penilaian.
Mengetahui                                                                                            Guru Mata Pelajaran
Kepala SMK Negeri 6 Semarang
Drs. H. Ahmad Ishom, MPd. …………………………..
NIP. 19621219 199303 1 007                                                            NIP
Kelas/Semester                                :   XII / 5.
Alokasi waktu                                  :   4 x 45 menit.
Standar Kompetensi                         :   Menerapkan aturan konsep statistika dalam pemecahan masalah.
Kompetensi Dasar                            :   Menyajikan data dalam bentuk tabel dan diagram.
Indikator                                          :
  1. Data disajikan dalam bentuk tabel.
  2. Data disajikan dalam bentuk diagram.
  1. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti proses pembelajaran diharapkan siswa dapat :
  1. Membaca dan membuat data dalam bentuk diagram dan tabel serta kegunaanya.
  2. Membaca dan membuat histogram beserta kegunaanya.
  3. Membuat poligon frekuensi dan kurva ogive beserta kegunaanya.
  1. Materi Ajar
    1. Tabel dan diagram
  1. Metode Pembelajaran
    1. Pemberian tugas.
    2. Tanya jawab.
    3. Diskusi
  1. Langkah-langkah Pembelajaran
A. Kegiatan Awal (15 menit)
  1. Salam, memeriksa kesiapan siswa
  2. ………………
Apersepsi           :   Mengingat kembali mengenai penulisan data tunggal maupun kelompok, membahas PR.
Motivasi             :   Apabila materi ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat membaca dan membuat sajian data dalam bentuk tabel dan bentuk diagram.
  1. Kegiatan Inti
Dalam proses pembelajaran untuk mencapai kompetensi ini guru melakukan
  1. Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi guru:
1. Memberikan stimulus berupa pemberian materi oleh guru mengenai cara membaca dan membuat data dalam bentuk tabel (daftar), cara membaca dan membuat data dalam bentuk diagram.
2    Mendiskusikan materi bersama siswa  (Buku : Bahan Ajar Matematika Pariwisata mengenai cara membaca dan membuat data dalam bentuk tabel (daftar), cara membaca dan membuat data dalam bentuk diagram.
3        Memberikan kesempatan pada peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan mengenai cara membaca dan membuat data dalam bentuk tabel (daftar), cara membaca dan membuat data dalam bentuk  diagram berhubungan dengan penyelesaian suatu soal.
4.   Melibatkan peserta didik  dalam  membahas contoh dalam Buku : Bahan Ajar Matematika Pariwisata mengenai cara membaca dan membuat data dalam bentuk tabel (daftar), cara membaca dan membuat data dalam bentuk diagram..
…………………..
  1. Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi guru:
1.  Membiasakan peserta didik membaca dan membuat data dalam bentuk tabel atau diagram.
2    Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas mengerjakan latihan soal yang ada pada buku ajar matematika pariwisata untuk dikerjakan secara individual.
c.   Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi  guru:
  1. Memberikan umpan balik pada peserta didik dengan memberi penguatan dalam bentuk lisan pada peserta didik yang telah dapat menyelesaikan tugasnya.
  2. Memberi konfirmasi pada hasil pekerjaan yang sudah dikerjakan oleh peserta didik melalui sumber buku lain.
  3. Memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang sudah dilakukan
  4. Memberikan motivasi kepada peserta didi yang kurang dan belum bisa mengikuti dalam materi mengenai cara membaca dan membuat data dalam bentuk tabel (daftar), cara membaca dan membuat data dalam bentuk diagram..
  1. Kegiatan Akhir
    1. Peserta didik membuat rangkuman dari materi mengenai mengenai cara membaca dan membuat data dalam bentuk tabel (daftar), cara membaca dan membuat data dalam bentuk diagram.
    2. Peserta didik dan guru melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
    3. Peserta didik diberikan pekerjaan rumah (PR) berkaitan dengan materi mengenai cara membaca dan membuat data dalam bentuk tabel (daftar), cara membaca dan membuat data dalam bentuk diagram dari soal-soal latihan yang belum terselesaikan di kelas .
    4. Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
  1. Alat / Bahan / Sumber Belajar
    1. Buku : Bahan Ajar Matematika Pariwisata 3 tentang Statistik.
    2. Sumber lain yang relevan.
  1. PENILAIAN
Teknik                      :   Tugas individu, Kuis, Ulangan harian.
Bentuk Instrumen      :   Tertulis uraian singkat dan pilihan ganda, Lesan.
Contoh Instrumen     :
1.     Dari 210 siswa baru SMK “XX” tercatat 60 siswa memilih Program keahlian A, 70  siswa memilih Program keahlian B dan 45 siswa memilih Program keahlian C serta sisanya memilih Program keahlian D. Jika dibuat diagram lingkaran, maka juring untuk program keahlian D mempunyai sudut pusat ….
  1. 35o
  2. 60o
  3. 70o
  4. 120o
  5. 210o
2.Perhatikan data nilai suatu mata diklat berikut :
Nilai 4 5 6 7 8 9
Frekuensi 2 4 7 7 3 2
Dengan dasar data di atas, seorang siswa diwajibkan mengikuti Remidi (Perbaikan)apabila nilainya di bawah rata rata. Banyaknya siswa yang tidak mengikuti Remidi adalah ….
  1. 2 orang
  2. 5 orang
  3. 12 orang
  4. 13 orang
  5. 19 orang
3.Berikut ini adalah kurva Ogive tinggi badan 50 siswa
Dengan membaca kurva di atas , pernyataan berikut yang benar adalah ….
  1. 10 siswa tinggi badannya kurang dari 149,5 cm
  2. 10 siswa tinggi badannya sama dengan 149,5 cm
  3. 10 siswa tinggi badannya lebih dari 149,5 cm
  4. 14 siswa siswa tinggi badannya kurang dari 149,5 cm
  5. 14 siswa tinggi badannya lebih dari 149,5 cm
4.Dengan memperhatikan tabel di samping rata-ratanya adalah ….
  1. 19,4
  2. 19,5
  3. 20,0
  4. 20,5
  5. 21,0
Nilai Xi F Fxi
5 – 9 10 – 14
15 – 19
20 – 24
25 – 29
7 12
….
22
27
1 3
9
7
5
7 36
..
154
135


25
5.Diagram lingkaran berikut adalah jenis ekstra kurikuler di suatu SMK yang diikuti oleh 500 siswanya. Banyaknya siswa yang tidak mengikuti ekstra paskibra adalah ….
  1. 200 siswa
  2. 250 siswa
  3. 300 siswa
  4. 350 siswa
  5. 375 siswa






Kunci Jawaban :
  1. b
  2. c
  3. a
  4. a
  5. d
Norma penilaian

Nomor 1 benar nilai 20
Nomor 2 benar nilai 20
Nomor 3 benar nilai 20
Nomor 4 benar nilai 20
Nomor 5 benar nilai 20 +
Jumlah Nilai = 100




Mengetahui
Kepala SMKN 6 Semarang                                               Guru Mata Pelajaran
Drs. H. Ahmad Ishom, M.Pd.                                                  Nika Dewi Indriati,S.Pd
NIP 19621219 199303 1 007                                        NIP. 19760125 200212 2 003


Sumber : http://aguswuryanto.wordpress.com

0 komentar:

Poskan Komentar