Promosi produk UKM dengan Google Adwords lebih tepat sasaran

Kamis, 08 Oktober 2015
Promosi Produk UKM Melalui Internet Marketing, Seiring dengan semakin berkembangnya internet untuk segala kebutuhan, banyak yang memanfaatkan untuk ajang promosi secara efektif. Mulai dari pengusaha kecil, menengah, hingga perusahaan besar menggunakan media internet untuk menjangkau pasar yang lebih luas. Tidak terkecuali dengan produk UKM. Promosi produk UKM melalui internet memang memberikan banyak keuntungan dan manfaat. Namun sayang, ternyata masih ada beberapa pelaku usaha yang memaksimalkan penjualan mereka melalui media yang satu ini.
Mamfaat Internet Marketing Untuk Pemasaran Produk UKM
Internet Marketing Untuk Pemasaran Produk UKMSaat ini Internet Marketing untuk pemasaran Produk UKM sangat membantu berbagai pelaku UKM. Bagi produk UKM promosi melalu internet bisa menjadi pilihan yang murah. Sejalan dengan teknologi informasi yang semakin berkembang pilihan usaha kecil menengah untuk go online sudah semakin terbuka. Berbeda sekali di awal tahun 2000 an. Dimana banyak yang tidak mengenal internet marketing khususnya bagi UKM.
Informasi yang sedikit mengenai penggunaan internet untuk pemasaran produk usaha kecil dan menengah sangat disayangkan. Padahal banyak mamfaat yang diperoleh dari strategi pemasaran online.
Kualitas produk usaha kecil menengah saya pikir saat ini sudah semakin membaik. Dengan ada nya program-program pemerintah yang mendukung untuk mengembangkan kualitas produk UKM. Tapi saat produk telah tercipta maka kita perlu juga memikirkan bagaimana pemasaran yang cocok untuk produk UKM ini. Bagaimana caranya agar produk UKM yang bagus mampu mendapatkan pangsa pasar.
Saya menyarankan sih, menggunakan Internet Marketing untuk pemasaran Produk UKM. Staretegi dengan pemasaran melalui internet dianggap lebih simple dan tidak begitu mahal. Dengan begitu kita bisa memberikan penawaran yang lebih luas, karena internet saat ini sudah bisa dijangkau disetiap kecematan dan kota diseluruh Indonesia. Biaya promosi untuk penyebaran penawaran produk ukm juga tidak perlu harus selangit. Bila biaya promosi yang sia-sia pastinya hanya akan memberikan beban karena tidak memberikan pendapatan dari penjualan produk. Ini bisa menjadi permasalahn pelaku ukm dalam pemasaran produk ukm.
Alasan Menggunakan Internet Marketing Untuk Pemasaran Produk UKM?
Apa alasannya memilih memfaatkan internet marketing dalam pemasaran produk ukm . Saya berpendapat ada lima alasan yang memberikan mamfaat menggunakan Internet Marketing Untuk Pemasaran Produk UKM
1. Akses yang mudah
Internet merupakan media yang bisa dibuka setiap saat 24 jam sehari. Anda mengandalkan media ini dalam menyampaikan info produk ukm anda dan bisa diakses semua orang tanpa ada gangguan.
2. Internet marketing bisa menjangkau peluang pasar yang lebih luas.
Teknologi di Indonesia yang berkembang saat. Memudahkan setiap orang agar bisa mendapatkan akses internet melaui laptop/komputer, atau lebih trend saat ini lewat gadget atau smartphone. Peluang mestinya lebih besar karena kemudahan akses yang bisa mendapatkan informasi penawaran produk baru ukm anda terhadap calon pembeli.
3. Biaya Lebih murah.
Jika kita membandingkan dengan toko menggunakan promosi dengan menyebar brosur, menggatung spanduk yang besar, atau banner dipajang di depan toko , maupun neon box merek toko kita. Ini biasanya cara pemasaran yang konvensional. Kalau dihitung sekedar untuk biaya promosi seperti di atas saja mungkin puluhan juta!!. Bandingkan jika menggunakan internet marketing untuk pemasaran produk UKM hanya perlu mengeluarkan biaya lebih rendah. Kalau bisa promosi menggunakan biaya lebih murah tapi tetap memberikan peluang terjadinya penjualan. Agar bisa menutupi biaya-biaya usaha kita nanti.
4. Bisa meningkatkan branding produk
Pada produk -produk ukm masih baru. Anda bisa menggunakan internet marketing terbilang lebih murah. Anda bisa membuat website sebagai wadah anda mempromosikan mengenai produk dan mamfaatnya. Selain itu anda bisa menggunakan akun facebook untuk media social agar memberitahu apa dan bagaimana produk yang anda jual.
5. Mendapatakan penjualan lebih baik
Sebuah usaha bisa mampu mengeluarkan dana 10 juta lebih dalam hal promosi produk. Jumlah ini bisa dianggap cukup besar terutama bagi pemula ukm. Perbedaan mengenai biaya promosi secara offline vs online juga cukup jauh perbedaan jumlahnya. Promosi anda dengan menggukan internet marketing lebih baik menurut saya untuk yang pemula. Tinggal anda buat website yang mana akan menjuadi toko online anda. Lalu anda bisa menggunakan cara-cara promosi dengan via seo, fb marketing , twitter atau pun adwords. Semua metode yang disebutkan telah terbukti dalam meninggkatkan penjualan lebih banyak. Ditambah lagi dengan jangkauan yang lebih luas yang bisa menjangkau pangsa pasar lebih banyak. Peluang promosi ke beberapa kota tanpa harus berada di kota tersebut dalam memperkenal produk anda
Penghematan dan penjualan meningkat menjadi hal yang saat ini dicari pelaku ukm. Strategi internet marketing bagi pemasaran produk ukm bisa diukur konversinya dari data yang tercatat. Menjadi pilihan yang bagus untuk pemula karena mereka bisa mencatat biaya promosi – penjualan = laba
Saya pikir penjelasan di atas memberikan gambaran bagaimana internet marketing untuk Pemasaran Produk UKM. Sekarang tugas kita memilih strategi yang pas untuk marketing produk kita. Seperti yang akan dijelaskan berikut ini
Stetegi Internet Marketing untuk Pemasaran Produk UKM
strategi Internet Marketing Untuk Pemasaran Produk UKMPemasaran melalui Internet dibuat agar menjaring calon konsumen. Bianya kita mesti bisa meningkatkan traffic “pengunjung” setiap harinya. Secara sederhana dalam strategi usaha pengujung banyak kemungkinan peluang pembeli makin besar. Banyangkan misalnya 10 orang yang datang dengan memberikan penawaran bisa jadi 1 orang melakukan pembelian. Tapi jika yang datang 1 orang , Apakah dia mau beli? Ini bisa saja, tapi jarang sekali terjadi pembelian langsung .
Media Yang digunakan di Internet Marketing Untuk Pemasaran Produk UKM
Search engine optimation atau SEO
Adwords
Facebook Marekting
Twitter
Masih bayak sebenarnya media lain yang kita gunakan dalam tujuan berpromosi produk ukm dengan internet marketing. Tapi saya pikir 4 media sudah sangat baik dalam menjaring calon konsumen jika dioptimalkan. Silahkan gunakan masing-masing media di atas dan temukan keunggulan dan kekurangan bagi produk anda
Di artikel lain, mungkin akan saya tulisakan stregi menggunakan media yang gratis bagi pemasaran Produk UKM! Biasanya usaha kecil menengah sering mengalami permasalahan cara pemasaran produk ukm.
Tidak jarang para pemilik usaha UKM yang sebenarnya sangat potensial produknya, namun tidak mengetahui bagaimana memasarkan produk tersebut secara efektif, efisien, hemat, namun bisa menjangkau pasar yang lebih luas. Melalui media periklanan di internet, seperti misalnya periklanan di Google Adwords, maka para pengusaha bisa melakukan promosi produk UKM melalui internet. Alasan mengapa promosi melalui internet, khususnya Google Adwords sangat tepat untuk diaplikasikan pada produk produk UKM tersebut?
Promosi produk UKM dengan biaya lebih terjangkau
Jika diperhatikan, sebenarnya banyak sekali para pengusaha UKM yang ingin menjangkau pasar yang lebih luas. Namun biasanya, karena kurangnya sarana dalam memilih media promosi yang tepat, maka mereka terpaksa masih melakukan beberapa cara promosi secara konvensional, seperti dengan menyebar brosur, promosi dari mulut ke mulut, dan media promosi lainnya yang membutuhkan biaya yang lebih mahal.
Padahal, jika kita telaah lebih dalam, promosi produk UKM dengan menggunakan media internet, dalam hal ini Google Adwords, maka para pengusaha UKM tersebut bisa menghemat anggaran dan biaya iklan yang jauh lebih kecil dan hemat jika dibandingkan dengan cara promosi lainnya. Mengapa demikian? Karena promosi produk UKM melalui Google Adwords, maka pengusaha bisa mengatur anggaran harian yang diinginkan, sehingga tidak mungkin berakibat membengkaknya biaya iklan tersebut. Untuk promosi produk UKM melalui Google Adwords, kita bisa menganggarkan misalnya sepuluh ribu perhari, atau sesuai dengan kebutuhan yang sudah disesuaikan.
Promosi produk UKM melalui Adwords, maka jangkauan lebih luas
Hal tersebut memang benar adanya, karena kita semua tahu, bahwa media internet adalah merupakan sarana yang bisa menjangkau hampir seluruh dunia. Namun tentu saja hal ini bisa Anda sesuaikan dengan target untuk pemasaran produk UKM tersebut. Jika kebetulan promosi produk UKM yang dimiliki adalah untuk pasar lokal, maka Anda cukup mengatur lokasi yang ingin di targetkan, sehingga akan lebih tepat kepada calon konsumen.
Dibandingkan dengan promosi melalui penyebaran brosur yang hanya berada disekitaran area yang terbatas, maka dengan media internet, promosi produk UKM Anda akan lebih luas jangkauannya. Jika kebetulan pasar produk Anda adalah lokal, maka target marketnya bisa seluruh Indonesia, dan yang pasti biayanya lebih terjangkau.
Promosi produk UKM dengan Google Adwords lebih tepat sasaran
Produk UKM yang diiklankan melalui Google Adwords lebih tepat sasaran, sehingga kemungkinan terjadinya penjualan produk tersebut lebih besar. Hal ini berbeda dengan cara promosi konvensional, dimana target yang dituju tidak bisa dipastikan. Misalnya Anda menyebar brosur, maka siapapun akan Anda beri brosur tersebut, entah orang tersebut butuh produk Anda atau tidak. Namun hal ini tidak demikian halnya jika promosi produk UKM tersebut dilakukan melalui media internet, dalam hal ini Google Adwords.
Seperti kita ketahui, jika seseorang mengetik kata kunci pada Google, maka bisa dipastikan orang tersebut memang sedang membutuhkan sesuatu yang benar benar diperlukan. Jika kebetulan orang tersebut melihat iklan Anda, dan kemudian tertuju pada website yang Anda miliki, maka tingkat konversinya akan lebih tinggi.
Masih banyak sekali keuntungan dan manfaat yang bisa didapat oleh para pelaku usaha UKM jika mempromosikan produk melalui jaringan Google Adwords, khususnya jika ingin melebarkan sayap dalam melakukan promosi produk UKM untuk pangsa pasar yang lebih luas. Yang jelas, dengan menggunakan Google Adwords, maka promosi produk UKM akan lebih tepat sasaran, biaya yang lebih terjangkau, area pemasaran yang lebih luas, dan tingkat konversi atau penjualan lebih tinggi.

Bisnis UKM, Bisnis, UKM, Bisnis Online, Even Bisnis UKM, Info Bisnis UKM, Inspirasi Bisnis UKM, Ulasan Bisnis UKM, Tips Bisnis UKM, Seputar UKM, Pemasaran Bisnis UKM, Peluang Usaha, Peluang Bisnis UKM 

Bagikan ini:

0 komentar:

Poskan Komentar